Jokowi Lantik Gatot Nurmantyo dan Sutiyoso Hari Ini

Presiden Jokowi dijadwalkan akan melantik Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI dan Letjen (Purn) Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Pelantikan keduanya dilakukan secara bersamaan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

“Besok (hari ini) barengan (dilantiknya),” ujar Kepala Kantor Staf Kepresidenan, ‎Luhut Binsar Pandjaitan, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 7 Juli 2015.

Gatot dan Sutiyoso masing-masing dipilih sebagai calon tunggal Panglima TNI dan Kepala BIN. Jokowi pun kemudian mengajukan kedua nama itu ke DPR guna menjalani fit and proper test. Langkah keduanya pun mulus. DPR menyetujui pencalonan mereka tanpa adanya protes layaknya pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri beberapa waktu lalu.

Sebelumnya Gatot Nurmantyo mengatakan, pelantikan dia seharusnya digelar pada Senin 6 Juli 2015 lalu. Namun, Presiden Jokowi memutuskan untuk menunda prosesi itu.

“‎Ditunda sekarang karena ada laporan dari Panglima TNI (Jenderal TNI Moeldoko) tentang kinerja ke DPR. Jadi bayangkan kalau saya dilantik sekarang, akan bagaimana?” ujar Gatot, Senin 6 Juli 2014.

Selain harus melapor kepada DPR, kata Gatot, Moeldoko juga melakukan buka puasa bersama dengan para prajurit TNI dan Presiden Jokowi di Mabes TNI, Cilangkap pada hari ini. ‎

“Kemudian besok (hari ini) Presiden akan ke Mabes TNI untuk berbuka puasa dengan Panglima TNI. Anda bayangkan kalau saya dilantik hari ini, ada dua (Panglima), bagaimana?‎” tandas Gatot.

Jenderal Moeldoko juga memastikan Panglima TNI terpilih Jenderal Gatot Nurmantyo akan dilantik Rabu 8 Juli 2015 di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

“Iya, rencananya besok jam 12.45 WIB di Istana,” ujar Moeldoko usai mengikuti acara buka puasa bersama dengan Presiden Jokowi di Mabes TNI, Cilangkap, Selasa (7/7/2015).

Menurut Moeldoko, acara yang berlangsung besok hanya diisi oleh proses pelantikan Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI. Sedangkan untuk acara serah terima jabatan, akan dilakukan selanjutnya dalam waktu yang berbeda.

“Nanti kita lihat waktu yang pas. Besok baru pelantikan, serah terimanya perlu persiapan besar,” kata Moeldoko. (Ali/Rjp)